Senin, 07 September 2020

TEMA 2 KEGEMARANKU SUBTEMA 2 GEMAR BERNYANYI DAN MENARI PEMBELAJARAN 1 DAN 2

 MARI BELAJAR BERNYANYI DAN MENARI ANAK-ANAK










SKENARIO PEMBELAJARAN KELAS 1 TEMA 2 KEGEMARANKU SUBTEMA 2 Gemar Bermyamyi dan Menari

 

SKENARIO PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan          : SDN Purwantoro 2

Kelas/Semester                : I A/I

Tema                                : 2.   KEGEMARANKU

Sub Tema                        : Subtema 2. Gemar Bermyamyi dan Menari

Pembelajaran                   : 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

Alokasi Waktu                : 3 x pertemuan

Muatan Pelajaran             : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP dan PPKn

Pelaksanaan                     : 8,10,11 September 2020

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat menyanyikan lagu “Kasih Ibu”

2.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat menuliskan contoh gerakan cepat dan lambat

3.      Melalui video pembelajaran, siswa dapat menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik

4.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat memeragakan gerak cepat dan lambat

5.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mengetahui manfaat gerakan meliukkan tubuh

6.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat menulis ungkapan sayang untuk sahabat

7.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat memeragakan gerakan meliukkan tubuh

8.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mengetahui ungkapan sayang terhadap adik

9.      Melalui video pembelajaran, siswa dapat menuliskan kalimat matematika untuk pengurangan

10.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat menghitung mundur

11.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat menulis ungkapan terima kasih untuk guru

12.  Melalui video pembelajaran, siswa dapat bernyanyi dan menari dengan gerakan cepat dan lambat

13.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mengenal ungkapan sayang kepada orang tua

14.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat menulis cerita pengurangan

15.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat ungkapan sayang kepada kakak

16.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat hal-hal yang harus berbagi dengan adik

17.  Melalui video pembelajaran, siswa dapat membedakan kalimat pengurangan dengan penjumlahan

 

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:

1.      Siswa dapat menyanyikan lagu “Kasih Ibu”

2.      Siswa dapat menuliskan contoh gerakan cepat dan lambat

3.      Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik

4.      Siswa dapat memeragakan gerak cepat dan lambat

5.      Siswa dapat mengetahui manfaat gerakan meliukkan tubuh

6.      Siswa dapat menulis ungkapan sayang untuk sahabat

7.      Siswa dapat memeragakan gerakan meliukkan tubuh

8.      Siswa dapat mengetahui ungkapan sayang terhadap adik

9.      Siswa dapat menuliskan kalimat matematika untuk pengurangan

10.  Siswa dapat menghitung mundur

11.  Siswa dapat menjawab teks tentang ungkapan terima kasih untuk guru

12.  Siswa dapat bernyanyi dan menari dengan gerakan cepat dan lambat

13.  Siswa dapat mengenal ungkapan sayang kepada orang tua

14.  Siswa dapat menulis cerita pengurangan

15.  Siswa dapat ungkapan sayang kepada kakak

16.  Siswa dapat hal-hal yang harus berbagi dengan adik

17.  Siswa dapat membedakan kalimat pengurangan dengan penjumlahan

 

C.    PENILAIAN/ TAGIHAN PEMBELAJARAN:  

1.      Penilaian SBdP melalui kiriman foto buku tugas siswa menuliskan gerakan cepat dan lambat

2.      Penilaian SBdP melalui kiriman rekaman suara siswa menyanyikan lagu “Kasih Ibu”

3.      Penilaian PPKn melalui kiriman rekaman suara siswa menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik

4.      Penilaian Matematika melalui kiriman foto buku tugas siswa menuliskan kalimat matematika untuk pengurangan

5.      Penilaian Bahasa Indonesia melalui kiriman foto buku tugas siswa menjawab teks tentang kalimat ungkapan terima kasih untuk guru

6.      Rubrik Penilaian Bersifat subyektif oleh Guru atau Orang tua siswa

 

 

-          Rubrik Penilaian SBdP menuliskan gerakan cepat dan lambat

NILAI

PENGUASAAN MATERI

A

Siswa mampu menuliskan gerakan cepat dan lambat seperti dalam video tentang sekolah 91 - 100% benar

B

Siswa hanya mampu menuliskan gerakan cepat dan lambat seperti dalam video tentang sekolah 81 - 90% sudah benar

C

Siswa dapat  menuliskan gerakan cepat dan lambat seperti dalam video tentang sekolah 71 - 80% sudah benar

D

Siswa belum mampu  menuliskan gerakan cepat dan lambat seperti dalam video tentang sekolah kurang dari 71%

 

-          Rubrik Penilaian SBdP menyanyikan lagu “Kasih Ibu”

NILAI

PENGUASAAN MATERI

A

Siswa mampu menyanyikan lagu “Kasih Ibu” seperti dalam video tentang sekolah 91 - 100% benar

B

Siswa hanya mampu menyanyikan lagu “Kasih Ibu” seperti dalam video tentang sekolah 81 - 90% sudah benar

C

Siswa dapat  menyanyikan lagu “Kasih Ibu”seperti dalam video tentang sekolah 71 - 80% sudah benar

D

Siswa belum mampu  menyanyikan lagu “Kasih Ibu”seperti dalam video tentang sekolah kurang dari 71%

 

-          Rubrik Penilaian PPKn menuliskan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik

NILAI

PENGUASAAN MATERI

A

Siswa mampu menuliskan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik n seperti dalam video pembelajaran 91 - 100% benar

B

Siswa hanya mampu menuliskan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik seperti dalam video pembelajaran 81 - 90% sudah benar

C

Siswa dapat  menuliskan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik seperti dalam video pembelajaran 71 - 80% sudah benar

D

Siswa belum mampu  menuliskan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik seperti dalam video pembelajaran kurang dari 71%

-          Rubrik Penilaian: Matematika menuliskan kalimat matematika untuk pengurangan

NILAI

PENGUASAAN MATERI

A

Siswa mampu menuliskan kalimat matematika untuk pengurangan seperti dalam video pembelajaran 91 - 100% benar

B

Siswa hanya mampu menuliskan kalimat matematika untuk pengurangan seperti dalam video pembelajaran 81 - 90% sudah benar

C

Siswa dapat  menuliskan kalimat matematika untuk pengurangan seperti dalam video pembelajaran 71 - 80% sudah benar

D

Siswa belum mampu  menuliskan kalimat matematika untuk pengurangan seperti dalam video pembelajaran kurang dari 71%

-          Rubrik Penilaian BI menjawab teks tentang kalimat ungkapan terima kasih untuk guru

NILAI

PENGUASAAN MATERI

A

Siswa mampu menjawab teks 91 - 100% benar

B

Siswa hanya mampu menjawab teks 81 - 90% sudah benar

C

Siswa dapat  menjawab teks 71 - 80% sudah benar

D

Siswa belum mampu  menjawab teks kurang dari 71%

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Drs. Priyo Hadi Wijayanto, M.Pd

         NIP. 19670617 199201 1 001

Malang,7 September 2020

Guru Kelas I  A 

 

 

 

Nani Indrawati., S.Pd.

         NIP. 19881124 201902 2  004

 

 

 

 

Minggu, 06 September 2020

SKENARIO PEMBELAJARAN KELAS 1 TEMA 2 KEGEMARANKU SUBTEMA 1

 

SKENARIO PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan          : SDN Purwantoro 2

Kelas/Semester                : I A/I

Tema                                : 2.   KEGEMARANKU

Sub Tema                        : Subtema 1. Gemar Berolahraga

Pembelajaran                   : 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

Alokasi Waktu                : 3 x pertemuan

Muatan Pelajaran             : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP dan PPKn

Pelaksanaan                     : 1,3,4 September 2020

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mengetahui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh

2.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mengenal bunyi-bunyian alam dan buatan

3.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mengetahui aturan yang berlaku ketika bermain dan berolahraga

4.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mendengar dan memeragakan bunyi alam serta bunyi buatan.

5.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mengenal kalimat matematika untuk penjumlahan.

6.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat menghitung hasil penjumlahan

7.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat menceritakan hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika bermain dan berolahraga.

8.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mengenal alat yang dapat mengeluarkan bunyi-bunyian buatan

9.      Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat kosakata yang berhubungan dengan olahraga. memeragakan bunyi-bunyian buatan.

10.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mengenal manfaat olahraga untuk kesehatan

11.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mengenal kalimat matematika untuk penjumlahan.

12.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat menghitung hasil penjumlahan.

13.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mengenal kalimat matematika untuk penjumlahan.

14.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat mendiskusikan hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika berolahraga

15.  Melalui meyaksikan video pembelajaran, siswa dapat menghitung hasil penjumlahan

 

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN:

1.      Siswa dapat mengetahui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh

2.      Siswa dapat mengenal bunyi-bunyian alam dan buatan

3.      Siswa dapat mengetahui aturan yang berlaku ketika bermain dan berolahraga

4.      Siswa dapat mendengar dan memeragakan bunyi alam serta bunyi buatan.

5.      Siswa dapat mengenal kalimat matematika untuk penjumlahan.

6.      Siswa dapat menghitung hasil penjumlahan

7.      Siswa dapat menceritakan hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika bermain dan berolahraga.

8.      Siswa dapat mengenal alat yang dapat mengeluarkan bunyi-bunyian buatan

9.      Siswa dapat kosakata yang berhubungan dengan olahraga. memeragakan bunyi-bunyian buatan.

10.  Siswa dapat mengenal manfaat olahraga untuk kesehatan

11.  Siswa dapat mengenal kalimat matematika untuk penjumlahan.

12.  Siswa dapat menghitung hasil penjumlahan.

13.  Siswa dapat mengenal kalimat matematika untuk penjumlahan.

14.  Siswa dapat mendiskusikan hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika berolahraga

15.  Siswa dapat menghitung hasil penjumlahan.

 

C.    PENILAIAN/ TAGIHAN PEMBELAJARAN:  

1.      Penilaian SBdP melalui kiriman foto buku tugas siswa menuliskan bunyi-bunyian alam dan buatan

2.      Penilaian PPKn melalui kiriman foto buku tugas siswa menuliskan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika bermain dan berolahraga bersama teman.

 

3.      Penilaian Matematika melalui kiriman foto buku tugas siswa menghitung hasil penjumlahan

4.      Rubrik Penilaian: Bersifat subyektif oleh Guru atau Orang tua siswa

 

-          Rubrik Penilaian SBdP menuliskan bunyi-bunyian alam dan buatan

NILAI

PENGUASAAN MATERI

A

Siswa mampu menuliskan bunyi-bunyian alam dan buatan seperti dalam video tentang sekolah 91 - 100% benar

B

Siswa hanya mampu menuliskan bunyi-bunyian alam dan buatan seperti dalam video tentang sekolah 81 - 90% sudah benar

C

Siswa dapat  menuliskan bunyi-bunyian alam dan buatan seperti dalam video tentang sekolah 71 - 80% sudah benar

D

Siswa belum mampu  menuliskan bunyi-bunyian alam dan buatan seperti dalam video tentang sekolah kurang dari 71%

 

-          Rubrik Penilaian: Matematika menghitung hasil penjumlahan

NILAI

PENGUASAAN MATERI

A

Siswa mampu menghitung hasil penjumlahan seperti dalam video pembelajaran 91 - 100% benar

B

Siswa hanya mampu menghitung hasil penjumlahan seperti dalam video pembelajaran 81 - 90% sudah benar

C

Siswa dapat  menghitung hasil penjumlahan seperti dalam video pembelajaran 71 - 80% sudah benar

D

Siswa belum mampu  menghitung hasil penjumlahan seperti dalam video pembelajaran kurang dari 71%

 

-          Rubrik Penilaian PPKn menuliskan aturan bermain bersama teman

NILAI

PENGUASAAN MATERI

A

Siswa mampu menuliskan aturan bermain bersama teman seperti dalam video pembelajaran 91 - 100% benar

B

Siswa hanya mampu menuliskan aturan bermain bersama teman seperti dalam video pembelajaran 81 - 90% sudah benar

C

Siswa dapat  menuliskan aturan bermain bersama teman seperti dalam video pembelajaran 71 - 80% sudah benar

D

Siswa belum mampu  menuliskan aturan bermain bersama teman seperti dalam video pembelajaran kurang dari 71%

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Drs. Priyo Hadi Wijayanto, M.Pd

         NIP. 19670617 199201 1 001

Malang,7 September 2020

Guru Kelas I  A 

 

 

 

Nani Indrawati., S.Pd.

         NIP. 19881124 201902 2  004

 

 

 

 

PPT PEMBELAJARAN KELAS 1 TEMA 4 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3DAN4

  PPT PEMBELAJARAN KELAS 1  TEMA 4 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3DAN4